Sabtu, 27 Mei 2017

Apakah Boleh Melakukan Hubungan Suami Istri Saat Sahur?


Inforamadhan - Bulan Ramadhan adalah bulan penuh kemuliaan, di bulan inilah umat Islam berpuasa dari terbit fajar sampai terbenam matahari setiap harinya selama sebulan. Di bulan Ramadan juga banyak ibadah-ibadah yang membuka kesempatan seorang Muslim untuk lebih taat kepada Rabb-nya.

Seperti kita ketahui, interaksi antara suami istri akan bernilai ibadah jika dilakukan atas niat karena-Nya.

Namun kita juga harus tahu, jika ada beberapa diantaranya yang termasuk membatalkan puasa.

Salah satunya adalah berhubungan suami istri dikala waktu puasa.

Lalu, bagaimanakah hukumnya jika hubungan suami istri saat sahur?


Pada bulan Ramadan, terdapat waktu yang diharamkan untuk melakukan hubungan badan, yakni pada siang hari. Melakukan hubungan badan dengan suami atau istri saat siang hari di bulan Ramadan mendatangkan dosa dan membatalkan puasa.

Sehingga waktu yang tepat untuk melakukan hubungan suami istri adalah saat sahur.

Hal tersebut sebagaimana tercantum dalam Quran surah Al-Baqarah berikut ini,

“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari puasa bercampur dengan istri-istri kamu, mereka itu adalah pakaian, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka, sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu.” (QS. Al-Baqarah: 187).

Ayat ini menunjukkan bolehnya berhubungan suami istri di malam bulan Ramadan, baik di awal, tengah atau di akhirnya, walaupun telah makan sahur, selama belum muncul fajar subuh yang menjadi awal waktu puasa.

Bila telah masuk waktu fajar, tentu saja pasutri wajib menghentikannya dan segera mandi junub. Namun sebaiknya berhati-hati, sebab kalau sampai melewati waktu fajar belum mandi junub bisa membatalkan puasa dan bahkan kafarat yang harus dibayarkan sungguh sangat berat, demikian seperti dilansir dari Ummi-Online.

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.



0 Komentar Apakah Boleh Melakukan Hubungan Suami Istri Saat Sahur?

Posting Komentar

Back To Top