Sabtu, 27 Mei 2017

Lakukanlah 5 Amalan ini di Bulan Puasa Agar Dosa Anda Mendapat Ampunan Allah


Inforamadhan - sudah sepantasnya seorang Muslim bergembira ketika bulan Ramadan tiba. Selain banyaknya pahala yang bertebaran, di bulan suci umat Islam ini juga Allah SWT memberikan ampunan bagi siapapun yang mau meminta ampun padaNya.

Betapa istimewanya bulan ini sehingga seluruh alam pun menyambut kedatangannya.


Lantas adakah amalan khusus yang apabila dilaksanakan menjadi asbab mendapatkan ampunan dari Allah. Berikut 9 amalan di bulan Ramadan yang semoga dapat menjadi wasilah turunnya ampunan dari Allah bagi seorang Muslim.

1. Taubat nasuha

Salah satu amalan yang dapat dilakukan oleh umat muslim ketika bulan suci Ramadan agar dapat ampunan Allah SWT adalah dengan taubat nasuha. Taubat nasuha berarti bahwa seseorang yang pernah melakukan salah tidak akan mengulangi kembali kesalahan yang sudah dilakukannnya. Allah Ta’ala berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kalian kepada Allah dengan taubat nashuha, niscaya Rabb kalian akan menghapuskan kesalahan-kesalahan kalian dan memasukkan kalian ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai,” (QS. At-Tahrim : 8).

2. Shalat berjamaah di Masjid

Shalat berjamaah mempunyai banyak keutamaan. Salah satunya adalah Allah akan mengganjarnya dengan pahala 27 kali lipat dibnding Shalat sendiri.

Melaksanakan Shalat berjamaan juga dapat membuat dosa-dosa kita terampuni. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Barangsiapa berwudhu dengan sempurna untuk melaksanakan shalat, kemudian ia berjalan kaki menuju shalat wajib, sehingga ia melaksanakan shalat wajib tersebut bersama masyarakat, atau berjama’ah, atau di masjid, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya,” (HR. Muslim no. 232).

3. Melaksanakan qiyam Ramadhan (Shalat Tarawih dan Witir)

Melakukan amalan qiyam Ramadan, dalam bentuk mengerjakan shalat tarawih dan witir juga menjadi salah satu asbab turunnya ampunan Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa melakukan shalat malam Ramadan (tarawih dan witir) karena keimanan dan mengharapkan pahala di sisi Allah, niscaya dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni,” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).

4. Menghidupkan Shalat malam pada Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Malam yang hanya bisa dijumpai ketika bulan Ramadan saja memiliki keistimewaan yang luar biasa.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa melaksanakan shalat pada lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni,” (HR. Bukhari no. 1901).

5. Membayar Zakat Fitrah

Amalan terakhir yang bisa menjadi asbab turunnya ampunan Allah adalah dengan membayar zakat fitrah di penghuju bulan Ramadan. Dengan zakat fitrah, Allah akan menutup kesalahan berupa kata-kata kotor dan sia-sia yang pernah dilakukan. Zakat fitrah juga menjadi amalan wajib yang harus dilaksanakan oleh kaum muslimin.

Dalam sebuah riwayat dari Ibnu Abbas ra bahwa, “Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang berpuasa dari kata-kata yang sia-sia dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan pada orang miskin. Barangsiapa yang menunaikannya sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah,” (HR. Abu Daud no. 1609 dan Ibnu Majah no. 1827. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

0 Komentar Lakukanlah 5 Amalan ini di Bulan Puasa Agar Dosa Anda Mendapat Ampunan Allah

Posting Komentar

Back To Top